Senin, 22 Oktober 2012

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH DURIAN

KHASIAT DAN MANFAAT BUAH DURIAN

 
Anda pasti sudah mengetahui mengenai buah yang satu ini, buah dengan kulit keras yang khas dengan durinya yang tajam membuat buah durian ini mudah di ingat oleh banyak kalangan. Rasa buahnya yang manis inilah yang menjadi cirri khas dari buah durian, dengan daging tebal dan lembut yang membuat lidah kita ingin memakan secara terus menerus buah ini. Buah yang memiliki nama latin Durio Ziberthinus Murr selain memiliki rasa yang enak ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang sangat untuk kesehatan. Manfaat buah durian untuk kesehatan tersebut antara lain adalah dapat mengatasi Anemia karena mengandung asam folat dan zat besi, menghambat proses penuaan kulit, dan masih banyak lagi manfaat buah durian yang lainnyA

Kandungan Buah Durian

Buah durian memiliki beberapa kandungan yang baik bagi kesehatan, untuk manfaat buah durian ini sangatlah banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain adalah fosfor, zat besi, kalsium, potassium, niasin, thiamin, vitamin B dan protein yang dapat menghasilkan energi untuk tubuh kita. Selain itu, buah durian juga mampu mengobati sembelit dan dapat meningkatkan tekanan darah rendah di dalam tubuh kita. Kandungan kalsium yang ada pada buah durian ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang kita. Sedangkan kandungan niasin dan thiamin di dalam buah durian mampu menambah nafsu makan anak maupun orang dewasa. Untuk itu konsumsi buah durian juga sangat perlu untuk kesehatan tubuh kita.

Khasiat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat buah durian sangatlah banyak bagi kesehatan, diantaranya :
  1. Mengatasi anemia.
  2. Mengatasi sembelit, karena buah durian kaya akan serat.
  3. Dapat menghambat penuaan yang terjadi secara dini karena kandungan vitamin C yang ada di dalam buah durian berfungsi sebagai antioksidan.
  4. Dapat mengobati penyakit kulit.
  5. Sangat baik untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium, potassium dan vitamin B.
  6. Dapat menjadi obat penyakit kuning.
  7. Fosfor yang ada pada buah durian sangat baik untuk kesehatan gigi kita.
  8. Dapat mengurangi stress dan depresi karena memiliki kandungan piridoksin.
  9. Kulit buah durian juga dapat dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.
  10. Dapat meningkatkan nafsu makan anak maupun orang dewasa.

 

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

 
Salah satu buah yang sangat digemari oleh banyak orang adalah durian. Selain karena rasanya yang sangat lezat dan aromanya yang harum, ternyata buah durian merupakan salah satu makanan sehat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya pada daging buahnya saja, tetapi juga pada kulit dan daunnya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap durian adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit. Memang pendapat itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah durian dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kadar kolesterol dalam durian juga cukup tinggi. 

Tetapi durian merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan. Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.
Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar